Yoga Hamil dan Hypnobirthing di Trimester 2 Kehamilan

Yoga Hamil

Setelah melewati masa-masa mual (tanpa muntah) di semester 1, saya rasa sudah saatnya konsultasi ke dokter untuk meminta izin melakukan yoga hamil . Alhamdulillah izin itu diberikan, sama seperti saat kehamilan pertama dulu. Syarat yang diberikan dokter sangat mudah, diantaranya:

  1. Jika saya melakukan yoga di rumah, maka saya harus memilih gerakan yoga atau senam hamil yang nyaman.
  2. Tidak memaksa untuk melakukan gerakan-gerakan yang sulit dilakukan. Tubuh akan tahu ko batasan gerakan yang bisa atau tidak bisa dilakukan, so kenali tubuhmu dengan baik ya.
  3. Jangan lupa perhatikan tempat melakukan yoga. Amannya menggunakan yoga matt, kalau tak ada, pastikan lantainya tidak licin ya, khawatir terpeleset.
  4. berhenti ketika tubuh mengharuskan kita untuk berhenti. Misalnya jika sudah lemas, atau berkunang-kunang.

Jadi kenapa di kehamilan kedua ini saya ingin melakukan lagi yoga hamil? Karena saya merasakan sendiri manfaatnya di kehamilan pertama. Berawal dari kebanyakan baca atas apa yang akan terjadi di saat hamil tua , yakni kaki bengkak lah, backpain, susah tidur karena sakit badan dan masih banyak lagi…maka saya memutuskan untuk melakukan yoga agar terhindar dari kesakitan-kesakitan tersebut.  Dan alhamdulillah, atas izin Allah setelah rutin melakukan yoga, badan memang terasa ringan, tanpa bengkak, tanpa kesulitan tidur ataupun kesulitan berjalan jauh. Selain itu, saya pun tergerak untuk melakukan yoga hamil karena membaca buku “Gentle Birth Balance” yang ditulis oleh Bidan Yessie Aprilia.

Dalam buku tersebut, Bab 6 nya mengajak para bumil untuk melakukan prenatal yoga plus menampilkan contoh gerakan-gerakan yoga yang aman. Namun karena saya orangnya audio visual, maka rasanya kurang afdol mempraktekan yoga hanya melihat dari gambar, apalagi tanpa ada sensasi emosi dari musik yang mengalun. Oleh karena itu saya buka youtube dan pilah pilih yoga yang “enakeun” buat dicontoh. Dan ketemulah beberapa channel youtube dan video yoga hamil yang nyaman untuk dipraktekan. Berikut linknya :

  1. https://www.youtube.com/playlist?list=PLNTIDk6mjdSMnobByePGUplFfXCISlZyf

di Channel Tonic ini saya dipandu oleh Tammy Mittell, seorang guru yoga senior yang memiliki 11 tahun pengalaman, 8000 jam pengalaman mengajar dan 1000 jam pelatihan. Beliau bergelar  MA dalam Filosofi & Meditasi Yoga di SOAS University dan sudah berlatih yoga bahkan sejak usianya 14 tahun. Ada banyak gerakan yoga yang bisa ditiru sesuai usia kandugan, juga cara-cara how to keep strength and stability, birth preparation dll.

  1. https://www.youtube.com/watch?v=44fYnoSLL3c

Nah kalo video di atas adalah video yoga favorit saya. Dipandu oleh Lara Dutta, seorang aktris India yang juga merupakan Dutabesar UNFPA dan Miss Universe tahun 2000. Yoga routine yang dilakukannya ga sembarangan ya karena under the guidance of Prenatal Yoga expert Tonia Clark, jadi aman.

  1. https://www.youtube.com/playlist?list=PLNTIDk6mjdSNGLILGC9PG9bJj5PZlIw6j

Masih di channel Tonic, di video kali ini saya dipandu oleh Katy Appleton, founder appleyoga.com yang merupakan yoga expert sejak tahun 1998.

 

Usia 5-7 bulan kehamilan saya melakukan yoga seminggu dua kali di pagi hari, dan menjadi setiap hari ketika menginjak 8 sampai 9 bulan. Itulah kenapa saya pun tak jarang mendownload lagu-lagu india dan joged sesuka hati untuk menghindari kebosanan. Sekalian mengenang masa-masa TK dan SD juga sih karena dulu suka banget dipanggil pentas untuk tari india hihi..

oya, ingat ya, melakukan yoga sendiri di rumah butuh dikonsultasikan terlebih dahulu pada obygin. Kapan dan bagaimana harus  memulai nantinya akan dijelaskan sesuai kondisi kehamilan masing-masing.

Hypnobirthing

Nah kalo hypnobirthing sendiri sudah saya lakukan sejak testpack bergaris dua, afirmasi nya saya dapatkan dari bidankita.com dan CD yang terbundle dalam buku “Keajaiban Hypno-Birthing” yang ditulis Lanny Kuswandi. Rekaman afirmasi nya menyusul ya, tertinggal di Bogor hihi

Mengapa saya melakukan lagi hypnobirthing? Berbekal pengalaman di kehamilan pertama, selain shalat, hypnobirthing sangat membantu saya untuk memfokuskan fikiran dan mencapai relaksasi yang maksimal. Jika sudah relaks dan fokus, rasanya koneksi dengan bayi di dalam perut terasa lebih kuat.

Berikut afirmasi yang saya dengarkan selama 21 hari berturut-turut (dan berulang) yang saya dapatkan dari bidankita.com , rekaman afirmasinya bisa didownload gratis. Terimakasih Bidan Yessie

http://www.bidankita.com/21-day-challenges-gentle-birth-meditation-with-bidan-kita/

dan berikut afirmasi kehamilan dari Bidan Yessie

https://drive.google.com/open?id=1Df3HtY19aKd-f6FRrfk1FARAs862LEMt

 

Silahkan dicoba, semoga bermanfaat ya 🙂

Posts published: 41

One comment

  1. Ayu Astria Riesnata Atmaja says:

    Jazakillah khairan ya ibunya una (InsyaAllah adeknya una juga). Akhirnya nge-bookmarked laman ini buat dibaca dan diunduh.. Salam kangen buat una dan salam kenal buat adeknya una.. Love from Majalengka..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

About Me
Saya R. Indah Riadiani Hapsarie. Seorang ibu dan long life learner dengan hobi fotografi, videografi, dan literasi. Berpengalaman sebagai penyiar radio dan Junior Expert Public Relation untuk KP3EI Kementerian Koordinator Perekonomian Indonesia. For any inquiries please contact indahriadiani@gmail.com
Juara 1 KPPPA Vlog Competition Bersama TVOne
Juara 2 Video Contest Bersama BioStrath
Juara 1 Lomba Blog Nasional Batik Lebih Baik
Juara 3 Gin International Blog Competition
Juara 2 BPOM Blog Competition
Juara 2 Hatta Rajasa Writing Competition
Badan Pemeriksa Keuangan
Calendar
June 2018
M T W T F S S
« Apr   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Bukopin Siaga
Part of
Copyrights © 2017 R. Indah Riadiani Hapsarie. All Rights Reserved.