6 Keperluan Ibu Hamil yang Akan Terpakai Sampai Masa Menyusui dan MPASI

Sebagai ibu hamil yang sedang menikmati masa-masa penantian kehadiran anak tercinta, tentu sudah menjadi tradisi juga naluri untuk melengkapi keperluan kehamilan ya. Malah tak sedikit juga yang well prepared menyiapkan barang-barang kebutuhan si bayi, lima atau enam bulan sebelum ia dilahirkan. hmmm, itu well prepared apa doyan belanja ya, hihihi. Saya sendiri saat hamil anak pertama memang hobi belanja loh. Apalagi saat influencer di sosial media dengan gencarnya memposting essential stuff kehamilan mereka. Ko lucu ya, ko kece ya dipakenya. Alhasil, ada saja yang ingin dibeli, bisa jadi karena memang butuh, atau malah hanya karena lapar mata. Makanya, pandai-pandai lah membuat suami tambah cinta, biar makin tebel juga jatah uang belanjanya, kalau gak…ya mau ga mau hanya bisa beristigfar setiap liat flash deal

Namun alangkah bijaknya, seorang istri yang juga berperan sebagai pengatur lalu lintas keuangan rumah tangga, membeli keperluan ibu hamil “kalau bisa” ya yang tahan lama dan serba guna. Pilihlah barang yang tak hanya bermanfaat saat hamil saja, namun juga bisa digunakan saat menyusui nanti, bahkan sampai anak sudah memulai MPASI. 

Memang ada ya barang-barang seperti itu? Ada dong, berikut beberapa barang yang berdasarkan pengalaman pribadi sangat bermanfaat saat hamil, menyusui, maupun MPASI.

 

1. Maternity wear

Walaupun namanya maternity wear, tapi bukan berarti baju ini hanya bisa digunakan pada saat hamil saja ya.  Karena biasanya, baju hamil yang beredar dipasaran juga didesain agar bisa digunakan oleh ibu menyusui. Pada bagian dada selalu diberi akses untuk menyusui agar lebih mudah, entah itu bukaan samping kanan kiri, atau juga layer yang jika diangkat akan terlihat bukaan di bagian dada. Lebih dari itu, karena bahan kain yang digunakan biasanya katun, rayon dan spandex yang notabene adalah bahan kain yang stretchy, adem dan menyerap keringat, maka maternity wear pun sangat bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, maupun kegiatan resmi. Desainnya yang beragam pun membuat maternity wear ini tak kalah stylish loh dengan baju-baju orang yang tidak berbadan dua. Jadi nanti kalaupun sudah lewat masa hamil dan menyusui, saat anak-anak sudah besar misalnya, kita masih sangat bisa menggunakan nursing wear. Cek deh gambar di bawah, ga ada bedanya kan sama baju-baju biasa?

 

So, ibu hamil udah pada bisa nih, nyicil maternity wear dari sekarang agar bisa dipakai juga saat menyusui, manfaatin aja harbolnas di bukalapak, biar ga terlalu mengiris dompet 🙂 

Berikut beberapa merk maternity & nursing wear yang bisa dijadikan pilihan mom, diantaranya: Nyonya Nursing Wear, Just Mom, Mamigaya Nursingwear, Iymel Says Hijab, Nuratina, Dinanti Nursingwear, Mamibelle, Mamaway, Simply Nursingwear, Mamayara, Emeno, Lamoms, momuva, Nursing Glow, Amico Id, Baju Island dan masih banyak lagi. Bisa disesuaikan dengan selera desain dan kantong masing-masing ya mom.

 

 

2. Maternity & Nursing Pillow

Source: Bukalapak

 

Memang sih ga semuanya merasakan sakit badan dan susah tidur saat hamil. Tapi selain membuat nyaman ibu hamil saat tidur ataupun bersantai, bantal hamil pun ternyata masih bisa dipergunakan saat kita menyusui loh. Apalagi untuk new mom yang masih riskan memegang bayi (takut bayinya keseleo lah, jatuh lah), menyusui menggunakan maternity & nursing pillow bisa membantu tangan mom yang menopang kepala bayi menjadi lebih nyaman dan tidak pegal. Mom pun akan nyaman bersandar di bantal. Tapi awas, kalau lagi menyusui jangan ketiduran ya…soalnya bantal ini empuk banget.

 

 

3. Nursing Bra

Biar kecil, tapi barang ini adalah yang paling dibutuhkan terutama saat menyusui. Kemudahannya dibuka dan ditutup membuat kegiatan menyusui menjadi lebih cepat dimulai dan mampu meminimalisir keribetan. Namun walaupun begitu, bra menyusui pun tentu dapat digunakan bahkan ketika kita masih dalam keadaan hamil, juga ketika masa menyusui telah usai. Kalau tidak sedang menyusui, ya tinggal diakitkan saja layernya, bra pun akan sama seperti bra pada umumnya.

 

 

 

4. Maternity Underpants

Berdasarkan pengalaman, masa-masa nifas atau setelah melahirkan adalah masa dimana kita harus memiliki “agak” banyak celana dalam. Jika melahirkan per vaginam, maka merawat vagina agar terhindar dari infeksi bakteri jahat adalah sebuah keharusan. Salah satu caranya adalah dengan lebih sering mengganti celana dalam maksimal 4-5 jam sekali. Nah cara untuk mensiasatinya adalah dengan menambah koleksi celana dalam hamil yang memiliki karet geser untuk mengatur lingkar perut. Dengan karet geser ini, kita tidak perlu khawatir celana akan kesempitan saat perut membesar, ataupun kebesaran ketika sudah melahirkan. Jadi, celana dalam hamil jenis ini masih bisa digunakan saat masa setelah melahirkan nanti.

Nah, karena celana dalam hamil saya sudah tidak layak tayang, maka saya ambil fotonya dari salah satu store di bukalapak ya.

 

Source: Bukalapak

 

 

4. Suplemen Kehamilan

Mengapa suplemen kehamilan sangat penting dikonsumsi? Karena untuk memenuhi kebutuhan zat besi dan asam folat pada ibu hamil, terkadang tidak cukup jika kita hanya mengkonsumsi makanan yang terhidang di meja. Kabar baiknya, ternyata suplemen makanan blackmores ini tak hanya bisa dikonsumsi saat hamil saja, namun juga bisa dilanjutkan untuk dikonsumsi saat menyusui. Makanya namanya Blackmores pregnancy dan breast-feeding. Jadi seandainya suplemen ini masih tersisa saat sudah lahiran, lanjutkan saja untuk dikonsumsi, niscaya ASI pun akan melimpah 🙂 

 

 

 

5. Buku parenting

Saat ini pemerintah sedang gencar memerangi stunting dan gizi buruk di Indonesia. kenapa? Karena Indonesia berada di peringkat 5 dunia penyandang gizi buruk dan stunting loh, sedih ya 🙁 Nah, sebagai ibu hamil  yang ingin anaknya sehat secara fisik dan kognitif, ada baiknya membaca buku 1000 hari pertama kehidupan. Karena di 1000 hari pertama kehidupan, yakni 270 hari di dalam kandungan, ditambah 365 hari kali 2 setelah kelahiran, adalah hari terpenting pemenuhan gizi dan nutrisi anak yang akan mempengaruhi kesehatan juga kecerdasan anak di masa depan. Sejak hamil, mom bisa mulai membaca buku ini untuk mengetahui nutrisi apa saja dan kegiatan apa saja yang mendukung kesehatan mom juga bayi di dalam kandungan. Begitupun setelah melahirkan, menyusui, MPASI, hingga anak berusia 2 tahun, buku ini bisa dijadikan sebagai panduan parenting demi mencetak generasi yang sehat dan hebat. Dengan buku ini, saya sendiri sangat terbantu ketika bingung untuk memilih metode pemberian MPASI. Lewat tulisannya yang lengkap dan jelas mengenai kekurangan dan kelebihan masing-masing metode, akhirnya saya tercerahkan untuk menggunakan metode responsive feeding pada makanan utama, dan BLW (Baby Lead Weaning) pada saat pemberian cemilan. 

 

Source: Bukalapak

 

 

6. Food Processor

Jika sudah hatam tentang pemenuhan gizi di 1000 hari pertama kehidupan, maka tahap selanjutnya adalah praktek. Saat hamil dan menyusui harus sudah mulai mengkonsumsi makanan sehat seperti jus buah dan sayur atau juga makanan yang dikukus agar nutrisinya tetap terjaga. Mempunyai barang yang mensuport kegiatan memblender dan mengukus dalam satu alat tentu akan mempermudah segalanya. Babymoov nutribaby plus ini misalnya. Selain mampu memblender dan mengukus dalam satu waktu, babymoov pun bisa digunakan untuk mensterilkan botol ASI saat baby menyusui nanti. Pembuatan MPASI yang makanannya memang lebih sering diblender, direbus dan dikukus pun akan lebih menghemat waktu. Plusnya lagi, babymoov nutribaby plus sangat bisa dibawa saat bepergian. Jadi walaupun harganya relatif agak mahal, tapi sangat affordable dan worth to have, karena bisa digunakan saat hamil, menyusui maupun saat MPASI nanti.

 

Itulah 6 keperluan ibu hamil yang akan terpakai sampai masa menyusui dan MPASI. Selain sangat bermanfaat, barang-barang di atas pun bisa menekan angka pengeluaran karena bisa dipakai saat masih hamil, menyusui, hingga masa MPASI. Adakah barang lain yang juga serbaguna dan tahan lama? Jangan sungkan share di kolom komentar ya..

Terima Kasih sudah berkunjung

Posts published: 39

11 comments

  1. Irna Rahayu says:

    Bermanfaat banget bun infonya, jadi tersusun rapi ni apa yg harus dibeli..thanks yaa

    1. sama-sama buun semoga membantu 🙂

  2. Dinanti says:

    Mupeng sama babymoovnyaaaa 😭

  3. Anisa Nurjanah says:

    Ndah, paling enak nursing wear yang mana ndah?

    1. Nyonya buuuk… ya ada harga ada kualitas lah :))

  4. Naima Asha says:

    Waaah berguna banget nih buat list 12.12 😁 hehe

  5. Naima Asha says:

    Waaah berguna banget nih buat list 12.12 😁 hehe

    1. Awas jangan sampai kalap yah sis, listnya jangan ampe berlembar-lembar gitu dong ah 😀

  6. Wina Noviana says:

    Ceu, pinjem lah bukunya…pengen bacaa

  7. Nita Nurhayani says:

    Brb beli baju menyusui dulu, candu tau ternyata beli nursing wear tuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

About Me
Saya R. Indah Riadiani Hapsarie. Seorang ibu dan long life learner dengan hobi fotografi, videografi, dan literasi. Berpengalaman sebagai penyiar radio dan Junior Expert Public Relation untuk KP3EI Kementerian Koordinator Perekonomian Indonesia. For any inquiries please contact indahriadiani@gmail.com
Juara 1 KPPPA Vlog Competition Bersama TVOne
Juara 2 Video Contest Bersama BioStrath
Juara 1 Lomba Blog Nasional Batik Lebih Baik
Juara 3 Gin International Blog Competition
Juara 2 BPOM Blog Competition
Juara 2 Hatta Rajasa Writing Competition
Badan Pemeriksa Keuangan
Calendar
November 2018
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
Bukopin Siaga
Part of
Copyrights © 2017 R. Indah Riadiani Hapsarie. All Rights Reserved.