4 Pilihan Model Baju Batik untuk Ibu Menyusui

Menjadi seorang ibu yang berkomitmen untuk memberikan ASI selama dua tahun kepada buah hati tercinta, sepertinya merupakan keputusan yang banyak diambil ibu masa kini. Kesadaran akan pentingnya ASI sebagai makanan terbaik untuk bayi memang terus meningkat akhur-akhir ini. Maka tak heran jika saat ini kita sering melihat ibu muda membawa tas kecil untuk keperluan memompa ASI saat bekerja. Ruang laktasi yang semakin banyak disediakan di tempat umum dan perkantoran. Ada juga ibu yang duduk menggendong bayi sambil membentangkan apron menutupi tubuhnya, atau sekedar menyusui begitu saja, tanpa penutup, tanpa apron, melainkan menggunakan baju menyusui yang di bagian dadanya terdapat bukaan.

Tak hanya berlaku pada baju harian, kini baju menyusui pun banyak diciptakan untuk dipakai ke acara formal.
Para busui pun kini tak lagi bingung memilih model baju batik yang kece ketika harus pergi ke kantor ataupun acara formal. Karena kini baju-baju batik khusus menyusui sudah banyak dijual di pasaran.

Namun tentunya ada beberapa syarat yang tetap harus terpenuhi ya.. Tak hanya desain bajunya saja yang kece dan anti ribet, namun saat dipakai-baju pun harus tetap nyaman. Seperti pemilihan kain misalnya. Karena saat menyusui itu amat sangat gerah sekali, jadi sebaiknya memilih baju menyusui yang berbahan katun atau rayon yang adem dan menyerap keringat. Selain itu, sebaiknya memilih akses bukaan yang simple. Biasanya yang ribet itu ketika harus membuka kancing atau resleting terlebih dahulu. Jadi sarannya, lebih baik memilih model baju batik menyusui yang bukaannya tanpa resleting ataupun kancing, kalaupun berkancing, pilihlah kancing yang tinggal klik seperti kancing ctet.

Nah Berikut 4 pilihan model baju batik menyusui yang tak kalah kece dengan model baju batik non busui.

 

1. Adara by Nyonya Nursingwear

 

Foto: Instagram Nyonya Nursingwear

 

Selain membuat para ibu menyusui merasa nyaman dan leluasa bergerak, perpaduan antara blouse dan long cullotes pada batik Adara membuat tampilan pemakainya terkesan elegan namun tetap simple. Apalagi batik jumput dan batik tulis pada baju ini dibuat mendominasi, sehingga tampilan akan terkesan mewah dan formal, sangat eye catching. Model baju batik celana pun menurut saya sangat cocok sekali untuk ibu-ibu yang memiliki anak aktif seperti saya. Jadi bisa bebas bergerak saat mengejar anak yang tak bisa diam.

FYI, harga satu set model baju batik menyusui ini dibandrol seharga Rp. 729.000. Untuk yang sangat faham mengenai rumitnya pembuatan batik jumput dan tulis, tentu harga yang tertera sangatlah masuk akal. Belum lagi bahan kain yang digunakan adalah katun batik dan katun toyobo, dijamin akan sangat nyaman saat dipakai menyusui.

Percaya ga percaya memang, kalau ternyata model baju batik sekeren ini di bagian dadanya terdapat bukaan untuk akses menyusui. Sengaja dibuat memang sebagai bentuk dedikasi untuk para ibu menyusui. Dan tidak tanggung-tanggung, untuk membuat Adara ini, Nyonya Nursingwear secara ekslusif berkolaborasi dengan Sally Giovanny, pengusaha batik ternama Indonesia dan Vicki shu, penyanyi kenamaan Indonesia, yang keduanya merupakan seorang ibu menyusui. Seserius itu loh.

Saya memang masih sebatas bermimpi untuk memiliki baju batik Adara ini (uang tabungannya belum cukup 😭) tapi 2 kali membeli baju menyusui di Nyonya Nursingwear Alhamdulillah selalu puas sih. Dari segi kualitas kain, jahitan dan packaging memang Nyonya Nursingwear juaranya.

 

2. Charlotte by Emeno Nursingwear

 

Foto: Instagram Emeno

 

Nah kalau ini memang model baju batik favorit saya. Kenapa? karena walaupun berbahan kaos flux yang nyaman dan tipis, tapi ajaibnya tidak menerawang sama sekali. Kainnya pun jatuh dan meral, sehingga lagi-lagi saya bisa aktif bergerak lincah walaupun pakai dress. Modelnya memang terkesan kasual, namun dengan adanya sedikit motif batik yang tepat berada di tengah, longdress ini pun jadi cocok bila dipakai ke acara formal sekalipun.
Seperti pada gambar, walaupun panjang longdress hingga ke mata kaki, namun karena ada bagian kerutan di bagian pinggang, membuat baju bagian depan sedikit mengangkat. Maka ada baiknya ibu-ibu sekalian yang berkerudung-memadu padankan baju ini dengan celana legging.

 

Dok. Pribadi

 

Mengenai bukaan menyusui, bagian ini ada tepat di balik motif batik bagian samping kanan kirinya. Bukaannya pun lebar, sehingga sangat leluasa untuk menyusui. Baju ini dibandrol seharga kurang lebih 200 ribuan, tepatnya saya lupa karena beli 2 tahun yang lalu.

 

3. Liana by Mahirah Project

 

Foto: Instagram Mahirah Project

 

Katun batik seharga Rp. 180.000 ini awalnya saya anggap biasa saja. Namun setelah memakainya seharian penuh sambil menyusui anak, ternyata model baju batik seperti ini justru berhasil membuat saya terkesan. Karena kainnya berbahan katun yang adem, maka ketika harus memakainya seharian penuh, itu tak jadi masalah. Kainnya tetap menyerap keringat dengan sempurna dan anti ribet saat menyusui, karena bukaan di bagian samping tinggal dibuka saja. Setelah menyusui, bukaan bagian dada bisa dikancingkan bisa tidak, hasilnya sama-sama akan tertutup dengan sempurna. Sama sekali tidak terlihat seperti baju menyusui.

 

Dok. Pribadi

 

Modelnya yang simple, jatuh membentuk payung di bagian bawah, membuat baju ini terlihat sangat sederhana namun tetap resmi. Jika dilihat dari dekat, maka motif batik parang di bagian berwarna abu muda akan sangat jelas terlihat, cantik sekali. Baju ini bisa dipadu padankan dengan menggunakan celana panjang yang senada dengan warna baju, biru tua atau hitam misalnya.

 

4. Zorana by Nuratina

 

Foto: Instagram Nuratina

 

Model baju batik dress cardi dengan balutan warna super fresh memang menjadi pilihan yang tepat jika digunakan ke acara pesta. Cara menggunakannya saat menyusui pun cukup mudah, tinggal membuka cardi, maka bukaan dengan cepat dapat ditemukan. Sekilas memang baju batik ini hanya bermain pada kombinasi warna saja, padahal pada bagian cardinya-motif batik secara detail menghias dengan cantik.

 

Dok. Pribadi

 

Kelebihan menggunakan batik ini adalah, selain meninggalkan kesan formal, model baju batik seperti ini pun sangat aman dipakai menyusui, karena cardi bisa menutup banyak bagian yang seharusnya tidak terlihat saat menyusui.

 

Nah, itulah 4 pilihan model baju batik untuk menyusui yang anti ribet tapi tetap kece dan affordable price. Sudah tau mau beli yang mana? Kalau sudah, langsung buka aja aplikasi bukalapak, karena 4 produsen baju menyusui di atas bisa dengan mudah ditemukan di bukalapak. Semangat menyusui dalam balutan batik, mommy-mommy kece!

Posts published: 39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

About Me
Saya R. Indah Riadiani Hapsarie. Seorang ibu dan long life learner dengan hobi fotografi, videografi, dan literasi. Berpengalaman sebagai penyiar radio dan Junior Expert Public Relation untuk KP3EI Kementerian Koordinator Perekonomian Indonesia. For any inquiries please contact indahriadiani@gmail.com
Juara 1 KPPPA Vlog Competition Bersama TVOne
Juara 2 Video Contest Bersama BioStrath
Juara 1 Lomba Blog Nasional Batik Lebih Baik
Juara 3 Gin International Blog Competition
Juara 2 BPOM Blog Competition
Juara 2 Hatta Rajasa Writing Competition
Badan Pemeriksa Keuangan
Calendar
December 2018
M T W T F S S
« Nov   Mar »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Bukopin Siaga
Part of
Copyrights © 2017 R. Indah Riadiani Hapsarie. All Rights Reserved.