“Pada tahun 1505, Michelangelo mulai membuat patung 12 murid Yesus dengan menggunakan batu marmer di Katedral Florence.” Bacaku lantang.

Kemudian hening. Berpikir sambil membolak-balikkan lembaran komik Seri Tokoh Dunia yang berjudul Michelangelo Buonarroti.

“Marmer itu apa sih Pak?” Tanyaku pada Bapak, yang saat itu sedang asik menyeruput kopi pahitnya.

“Marmer itu batu. Selain kuat dan mudah dipahat, tampilannya juga bagus. Makanya Michelangelo pakai marmer untuk membuat patung. Marmer bagus juga untuk dekorasi rumah, semoga nanti rumah Indah terbuat dari marmer ya, biar terkesan punya karakter.” Jelas Bapak.

Ya, sore itu, 20 tahun lalu, seorang anak berusia 8 tahun membahas tentang Michelangelo, marmer dan hunian yang berkarakter bersama bapaknya.

DARI MASA KE MASA,

DARI ROMA SAMPAI INDONESIA.

MARMER SELALU MENJADI PRIMADONA

Hingga kini, kata-kata almarhum bapak masih saja terngiang setiap kali saya menemukan marmer di suatu tempat.  Benar adanya, sebuah bangunan maupun hunian jadi lebih punya identitas dan karakter ketika marmer dijadikan komponen dalam dekorasinya. Selain terlihat lebih unik dan berbeda dengan gayanya sendiri, marmer mampu menajamkan pesan-pesan yang ingin disampaikan pada bangunan tersebut.

Marmer pun tak henti mengundang decak kagum saya setiap kali saya memandanginya, apalagi menyentuhnya. Termasuk saat saya menginjakan kaki di Masjidil Haram yang lantai marmernya tetap dingin meski tamperatur suhu udara 50 derajat celcius sekalipun. Bukankah itu suatu hal yang menakjubkan? Sepanas apapun cuacanya, lantai Masjidil Haram tetap sejuk ditapaki. Karakter islami sebuah mesjid pun jadi lebih menonjol ketika marmer dengan dominasi warna putihnya mewakili simbol kesucian, syarat utama dalam melaksanakan ibadah umroh.

 

 

Masjidil Haram, Mekah

Namun tahukah anda, jauh sebelum sampai ke Mekah, marmer telah lebih dulu digunakan pada Zaman Romawi . Pliny, dalam bukunya yang berjudul Naturalis Historia, menulis bahwa orang pertama yang memamerkan secara masif keindahan marmer adalah Mamurra, seorang Insinyur yang melayani Julius Caesar.

Setelah itu, orang terkaya di Roma berlomba-lomba membuat monumen-monumen utama dari marmer, diantaranya Pantheon, Piramida Cestius, Porticus Octavia, Kuil Apollo Palatinus, dll. Dan hingga saat ini, setelah ratusan tahun berlalu, bangunan-bangunan tersebut tetap kukuh berkarakter. Marmernya memperkuat identitas bangunan-bangunan tersebut walau mungkin beberapa konstruksi mulai rusak dimakan zaman. Ya, marmer masih menjadi primadona di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Piramyd of Caius Cestius di Roma. Sumber: indovoices.com

Takjub.

Itu yang seketika saya rasakan saat memasuki Apartement Casa Grande di Kota Kasablanka Jakarta. Ya, meskipun hanya  sekedar ikut mencuci tangan di wastafelnya, namun mata saya tak henti memandangi lantai dan dinding marmer yang berkilauan di sana. “Waaaaah, pasti marmer impor nih” bisik saya norak. Lantai dan dinding marmernya menampilkan urat-urat alam yang berkarakter tegas sekaligus mewah. Nuansa di dalam ruangannya pun tetap terasa lebih sejuk alami meski mesin pendingin disetting rendah.

Setelah diselidiki, ternyata pemasok marmer indah di Casa Grande adalah Fagetti. Meja resepsionisnya menggunakan Onyx jenis Bubble. lantainya menggunakan marmer berjenis Princess Grey, dengan pola heringbone gabungan jenis Silver Beauty dan Bianco Leopard. Memesona

Pernah melihat langsung marmer yang indah di Mekkah, kemudian melihatnya lagi di negeri sendiri, rasanya sungguh terpukau sekaligus bangga.

Apartment Casa Grande Kota Kasablanka. Sumber: Fagetti

KENAPA MARMER DIMINATI?

Kenapa batuan alam ini sangat diminati sebagai komponen dekorasi? Tentu saja karena marmer memiliki banyak keunggulan, diantaranya:

  • Marmer merupakan jenis batu alam yang tahan lama. Karena Terbentuk dari proses metamorfosa yang panjang dan alami, membuat lapisan marmer tebal dan keras, sehingga lebih tahan lama jika digunakan sebagai lantai rumah maupun dinding.
  • Kandungan mineral yang ada di dalam marmer selalu menjaga kilau lantai sehingga tidak terlihat kusam.
  • Lapisan coating pada marmer membuat batuan ini sangat mudah untuk dibersihkan dan dirawat. Jika ada noda yang menempel maka akan mudah hilang walau hanya dilap dengan kain basah.
  • Tidak menghantarkan panas. Ini alasan lantai di Masjidil Haram tetap dingin meski cuaca Mekah sangat panas. Alasan ini pula yang membuat marmer mampu menurunkan suhu pendingin ruangan. Jadi lebih hemat energi juga kan. 
  • Marmer memiliki tampilan yang indah dan menakjubkan.
  • Marmer memiliki corak, pola dan warna yang bervariasi, sehingga hunian maupun bangunan yang menggunakannya akan memiliki karakter dan identitasnya sendiri.

Itulah alasan mengapa marmer selalu menjadi pilihan. Tak heran jika banyak orang menggunakannya untuk menghiasi rumah, baik itu sebagai lantai, dinding, elemen dekoratif, bahkan furniture seperti meja, dan bangku.

Bangganya lagi, tak perlu jauh-jauh ke negeri orang untuk menemukan marmer  terbaik berkualitas premium, karena Indonesia pun memiliki supplier marmer dan batu alam impor terbaik dengan corak yang unik dan beragam, Fagetti.

FAGETTI

THE ART OF NATURAL STONE

Mari berkenalan dengan PT Fajar Gelora Inti, pemasok batu alam grade premium dengan marmer sebagai produk utamanya. Dikenal luas dengan nama Fagetti, perusahaan ini didirikan oleh Ferdinand Gumanti.

Tak asing dengan nama itu?

Tentu saja. Di industri batu alam, siapa yang tak kenal dengan Ferdinand Gumanti? Sebuah kebanggan untuk Indonesia, karena atas dedikasinya, ia mendapatkan penghargaan prestisius dari Antica Libera Corporazione Dell’Arte Della Pietra, Italia sebagai Master of Art Stone tahun 2014. Penghargaan satu-satunya yang diberikan kepada tokoh dan perusahaan batu alam di Asia.  

Sumber: Fagetti

Perusahaan Fagetti sendiri sudah berdiri sejak tahun 1986 dan kini memiliki showroom dan pabrik seluas 23 hektare di Cibitung, Bekasi. Selama kurun waktu 34 tahun ini, Fagetti selalu konsisten memproduksi marmer berkualitas di Indonesia.

Selain marmer, Fagetti memiliki koleksi batu alam lain, yakni onyx, granit, travertine, limestone dan masih banyak lagi, jumlahnya mencapai lebih dari 900 jenis batu alam dengan segala keunikannya.

Memiliki pengalaman selama lebih dari 33 tahun, Fagetti berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik kepada para pelanggan. Dibuktikan Fagetti dengan menghadirkan batu alam terbaik dan berkualitas yang didapat dari berbagai penjuru dunia.

Tahun Berdiri

Luas Pabrik dalam Hektar

Jenis Batu Alam yang Dimiliki

KEUNGGULAN FAGETTI

Teknologi Mutakhir

Sebagai produsen dan supplier marmer, Fagetti dikenal dengan keunggulan teknologinya. Fagetti selalu menggunakan teknologi paling mutakhir dalam menghasilkan berbagai kreasi marmer. Setiap balok marmer diolah secara cermat dan penuh perhitungan akurat. Hasilnya pun terlihat lebih detail, mewah dan berkelas. Itulah alasan Fagetti diminati para arsitek dan interior designer.

High Speed Cutting

Fagetti memiliki teknologi pemotongan berkecepatan tinggi. Dengan menggunakan diamonds blade, batu alam kasar diubah menjadi karya seni yang mewah dan elegan dalam waktu yang sangat cepat. Hal itu dikarenakan Fagetti selalu menjadikan inovasi sebagai prioritas.

Presisi & Konsistensi

Fagetti menggunakan mesin yang terkomputerisasi secara otomatis dalam melakukan proses penyempurnaan setiap balok marmer. Dengan diamonds blade yang dibuat dengan presisi tinggi, ketebalan setiap lempengan marmer yang dihasilkan selalu konsisten dan perfect clean.

Profesional dan Terpercaya

Memperhatikan setiap sentuhan pada marmer, dari awal pemilihan balok marmer, pemilihan corak, hingga proses instalasi di tempat.

Memenuhi Berbagai Kebutuhan Pasar

Tak hanya bergerak di pasar korporasi dengan proyek-proyek prestisius seperti hotel, apartemen, perkantoran, mall, rumah sakit dan hunian mewah. Fagetti pun turut hadir di pasar ritel untuk ikut memperindah rumah tinggal kelas menengah ke atas.

Memiliki Batu Alam yang Unik dan Eksklusif

Marmer Fagetti dinilai mampu memenuhi kebutuhan pasar akan marmer eksklusif dan berkualitas tinggi demi menjamin sebuah kemewahan. Terbukti banyak arsitek dan interior designer puas dengan keunikan ragam batu alam Fagetti.

Siap dan Tepat Waktu

Sebagai pemasok marmer terlengkap, produk-produk Fagetti selalu siap dan tersedia sesuai dengan tenggat waktu yang telah disepakati. Sejauh ini para arsitek maupun design interior selalu puas dengan layanan Fagetti yang selalu ontime menyediakan marmer sesuai keinginan.

Terintegrasi

Keunggulan lainnya yang memudahkan pelanggan adalah layanan total solution company yang disuguhkan, dimana Fagetti mampu menyuplai kebutuhan batu alam bagi pelanggan, memprosesnya  sesuai desain yang diminta oleh customer, hingga instalasi batu alam pada proyek atau bangunan customer.

After Sales Service

Dalam rangka menjaga hubungan baik dengan pelanggan, Fagetti pun menyediakan layanan after sales service yang tentunya akan menambah kepuasan para pelanggannya.

PORTOFOLIO BATU ALAM FAGETTI

Marmer Golden String di Skyloft SOHO Ciputra World Surabaya. Sumber: Fagetti

MARMER

Sebagai suplier marmer terlengkap dan terbaik di Indonesia, tentu marmer menjadi keunggulan yang Fagetti suguhkan. Variasinya sangat beragam dengan corak dan pola yang mewah, membuat siapa saja akan terpukau dengan kemilaunya. Keunggulan memilih batu alam marmer untuk hunian maupun bangunan prestisius adalah adanya kesan mewah dan elegan. Ketersediaan berbagai macam warna dan pola nya pun bisa disesuaikan dengan konsep interior yang diinginkan. Jika marmer sudah dipadukan dengan lighting yang tepat, maka dijamin hunian akan terlihat sangat berkelas.

Berikut beberapa variasi marmer yang dimiliki Fagetti :

flower brown – golden string – crema valley – Princess grey – thunder grey – dela porto golden – statuario- statuario prima yg super excellent and extra quality- bercia sarda – crema catherin – Halle berry – alexander Black – blue monterey – novulato silver – monty bianco – Dark michelle – typhoon white- amarone dan masih banyak lagi.

ONYX

Marmer onyx memiliki karakteristik yang unik, yakni bisa ditembus cahaya. Maka untuk menambah kesan elite, para interior designer biasanya menambahkan teknik penyinaran dibalik marmernya. Selain itu, marmer Onyx pun memiliki pola yang beragam, semakin indah polanya, maka jangan heran jika harganya pun semakin mahal.

Fagetti sendiri memiliki ragam Marmer Onyx, dianyaranya chacarel – honey dew- onyx coco picasso – bubble – golden coffe dan masih banyak lagi.

Wall: Onyx Chacarel di Golden Tulip Hotel Malang. Sumber: Fagetti

Granit Aphrodite, Soap Stone dan Blue Fantasy di Menara Kompas Jakarta. Sumber: Fagetti

GRANIT

Sama-sama memiliki popularitas yang tinggi di industri konstruksi, marmer dan granit memang memiliki daya tariknya masing-masing. Granit sendiri memiliki tekstur yang faneritik, artinya butiran mineralnya dapat dilihat walau tanpa mikroskop.

Penampilannya pun jelas berbeda dengan marmer yang mempunyai veins atau urat-urat yang anggun. Granit lebih berpenampilan corak bintik-bintik di seluruh batunya.

Ragam granit yang dimiliki Fagetti diantaranya:

white sand- black spider – nero impala- champagne brown- new jersey – maximus – neto absolutoaphrodite – Aphrodite – Soap Stone – Blue Fantasy dan masih banyak lagi.

TRAVERTINE

Memimpikan hunian modern tropis dengan tone warna putih kecoklatan, krem, hingga coklat muda? Maka pemilihan marmer travertine sebagai pelengkap dekorasi bangunan anda adalah hal yang sangat tepat. Uniknya, batu alam travertine ini memiliki pori-pori yang lebih besar dan juga kasat mata. Karena keunikannya inilah, travertine memiliki daya tarik tersendiri sehingga cukup populer untuk digunakan sebagai material dinding batu alam. Populernya batu alam travertine ini digunakan untuk statement wall indoor.

Dalam penggunaan indoor, pori-pori terbuka batu alam ini ditutup menggunakan resin agar permukaan dinding batu alam menjadi datar dan resiko berjamur menjadi berkurang.

Fagetti memiliki travertine valentino sebagai salah satu koleksinya.

Wall Travertine Valentino di Puri Matahari Tower Jakarta. Sumber: Fagetti

STATUARIO

Marmer statuario memiliki keunikan yang berbeda karena warnanya yang putih, berkilau, dan memantulkan cahaya. Karena berwarna putih inilah, statuario dianggap sebagai batuan paling murni di dunia. Warna putihnya pun abadi, dalam artian takkan pernah berubah meskipun tahun demi tahun telah berganti.

Keunikan statuario dalam memantulkan cahaya membuat suatu ruangan terkesan menjadi lebih hidup, mewah dan elegan. Kristal-kristalnya berkilauan cantik memantulkan cahaya di sekitarnya. Hal itu menjadi alasan utama mengapa harga marmer statuario lebih mahal ketimbang marmer lainnya.

Jika anda memilih marmer statuario sebagai elemen dekorasi agar terkesan klasik namun sakral, maka memilih marmer statuario adalah hal yang tepat. Oleh karena itu, marmer statuario akan sangat cocok diaplikasikan pada tempat ibadah, seperti masjid, gereja dan sebagainya. Tidak hanya terkesan klasik dan sakral, tapi juga menghadirkan kemewahan dan berkelas.

Marmer Statuario Prima di FS Residence Surabaya. Sumber: Fagetti

Limestone. Sumber: Google

LIMESTONE

Limestone memiliki karakteristik yang unik, yakni warnanya yang didominasi dengan tone beige dan kecokelatan yang natural. Batuan marmer ini kerap ditemukan pada bekas-bekas area basah tergenang air seperti danau atau sungai pada masa lampau yang telah mengering.

Untuk Anda yang ingin menciptakan kesan natural pada ruangan, maka menggunakan motif batu alam limestone berwarna cerah dengan memadukan furniture berbahan kayu akan membuat ruangan terkesan lebih homey dan hangat.

PROYEK FAGETTI

Komitmen Fagetti untuk memberikan yang terbaik kepada para pelanggan adalah dasar utama hadirnya Fagetti di industri batu alam ini. Untuk itu, segala proyek yang akan dan telah digarap tentunya dilakukan dengan sungguh-sungguh dan totalitas tanpa batas.

Batu alam Fagetti ikut menyempurnakan kemegahan sejumlah proyek prestisius di Jakarta di antaranya adalah InterContinental Hotel Pondok Indah, Penthouse Menara Astra, PIK Office, Park Hyatt – MNC Media Tower, District 8 Office & Residence, Arkadia Tower, Jakarta Box, Apartment Casa Grande, South Quarter, Pondok Indah Residence, Anandamaya Residence, Menara Kompas, Kota Kasablanka Mall, La Vie Condominium dan International Financial Centre 2.

Di Surabaya, batu alam Fagetti melengkapi keindahan bangunan Supermal Pakuwon Indah, Tunjungan Plaza, The Peak Residence dan One Icon Residence. Sedangkan di Bali, ada Movenpick Resort and Spa dan Sofitel Hotel. Lalu, ada JHL Solitaire di Tangerang, Masjid Suciati Saliman di Yogyakarta, Hotel Adimulya di Medan, Sheraton Hotel dan Radisson Hotel di Lampung serta Radisson Hotel di Batam yang juga memajang batu alam eksklusif dari Fagetti.

Berikut beberapa gambar dari proyek prestius yang telah digarap Fagetti.

EKSISTENSI FAGETTI DALAM BERBAGAI PAMERAN

“Marmer pada dasarnya memang sudah cantik, polanya sudah indah. Tapi dengan teknologi yang dimiliki, Fagetti bisa memberikan sesuatu yang lebih pada marmer,” ungkap Chief Executive Officer (CEO) Fagetti Group,Helen Gumanti.

Fagetti memang unggul dalam menciptakan marmer yang unik dan ekslusif. Lewat teknologinya yang mutakhir, Fagetti mampu mengubah setiap balok batu alam menjadi sebuah karya seni yang patut dibanggakan. Seperti halnya karya seni seorang maestro, keindahannya harus dinikmati oleh banyak orang. Salah satu media untuk memamerkannya adalah dengan menggelar pameran atau eksibisi.

Dari tahun ke tahun, Fagetti selalu menggelar pameran bergengsi yang digarap dengan sangat serius. Misalnya saja pada tahun 2018, Fagetti ikut menggelar pameran bernama TCI (The Colors of Indonesia) di Atrium Senayan City, jakarta selatan. Tak tanggung-tanggung, dalam pameran ini Fagetti berkolaborasi dengan 12 interior designer group yang dikenal dengan nama ID12. ID12 sendiri terdiri dari para designer interior terkenal Indonesia, yakni Yuni Jie, Roland Adam, Prasetio Budhi, Shirley Gouw, Anita Boentarman, Sammy Hendramianto, Agam Riadi, Joke Roos dan Vivianne Faye.

Setiap anggota ID12 kemudian menciptakan ruangan yang berbeda dengan gaya mereka sendiri namun tetap memasukkan unsur-unsur Indonesia. Tentu saja dengan menggunakan pilihan marmer unik Fagetti. Menarik sekali bukan?

Tak hanya memamerkan karya, Fagetti pun hadir memberikan ruang diskusi untuk para arsitek yang ingin bertanya langsung mengenai tren dan teknologi marmer terbaru. Di pameran material IndoBuildTech misalnya. Pameran yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan 2019 lalu ini, Fagetti hadir memfasilitasi para arsitek untuk berdiskusi langsung dengan Master of Art Stone Ferdinand Gumanti, yang juga merupakan CEO PT Fajar Gelora Inti (Fagetti).

Dalam setiap pameran yang dihelat, Fagetti selalu meletupkan kejutan yang tak disangka-sangka. Seperti di ajang Arch:ID 2020 yang berlangsung di ICE BSD City Tangerang selama tanggal 27-29 Februari 2020 lalu. Fagetti dengan bangga menampilkan teknologi marmer melayang yang belum pernah ada sebelumnya. Jika selama ini batu marmer identik dengan material yang berat dan hanya dipasang pada lantai atau dinding. Maka Fagetti membuat terobosan dengan membuat batu marmer menjadi lebih ringan sehingga bisa diaplikasikan dalam berbagai variasi desain.

Selain marmer melayang, Fagetti pun menampilkan karya seni berupa lukisan burung di batu marmer. Terobosan Fagetti membuktikan bahwa teknologi mesin water jet yang berselaras dengan seni, mampu menghasilkan lukisan 2D yang indah pada marmer. Sedangkan desain 3D dikerjakan Fagetti dengan menggunakan mesin CNC.

Pameran selanjutnya yang sudah Fagetti siapkan dengan serius adalah wahana mesin waktu dengan bahan baku batu marmer pilihan. Rencananya karya arsitektur mewah ini akan dipamerkan di IndoBuildTech, ICE BSD City Tangerang pada 1-5 April 2020. Pameran wahana mesin waktu sendiri adalah sebuah karya yang bahkan belum pernah dilakukan oleh perusahaan marmer di negara manapun. Namun sayangnya, pameran dengan tema The Stone Portal: Time Travels ini harus ditunda seiring dengan merebaknya wabah Covid-19 di dunia. Padahal Fagetti sudah menggandeng empat orang desainer ternama di Indonesia dan Asia. Mereka adalah Alex Bayusaputro dari Genius Loci, Faried Masdoeki dari Hadiprana, Thomas Elliot dari PAI dan Sammy Hendramianto dari SHS. Mari kita sama-sama doakan, agar wabah Covid-19 segera berakhir, dan pameran Fagetti bisa dihelat sebagaimana mestinya. 

KATA MEREKA TENTANG FAGETTI

“Saya rasa, saat ini Fagetti supplier marmer terbesar dan terlengkap bukan hanya di Indonesia, tapi di Asia Tenggara” 

Sonny Nyondo Riswondo

Pemilik Golden Tulip Holland Resort Malang

“Fagetti memiliki service dan after service yang bagus menurut saya. Instalasinya juga bagus, sangat profesional.”

Yuni Jie

Interior Designer

“Fagetti koleksinya cukup luar biasa. Marmer-marmernya sangat eksotik. Harganya juga sangat kompetitif dengan produksi marmer yang lain, dan fasilitas yang ada di sini sangat luar biasa. Workshopnya cukup besar, pilihannya banyak sekali.”

Agam Riadi

Interiror Designer

“Tim mereka itu sangat cekatan, dan juga faham dari segi semua teknis. Bukan hanya menjual barang saja, tapi dari teknis pemasangan, dari karakter material batu itu sendiri. Itu yang saya suka.”

Shirley Gouw

Interior Designer

Fagetti’s Projects

Fagetti’s Clients

FAGETTI IKUT AMBIL PERAN

MEMBANGUN INDONESIA

Kondisi geografis Indonesia yang dikelilingi pegunungan, membuat Indonesia memiliki banyak potensi SDA (Sumber Daya Alam) yang bisa dikembangkan. Tidak terkecuali potensi batu alam yang terbukti sudah mampu menjajaki pasar internasional. Untuk itu, sebagai pelaku industri yang turut berpartisipasi membangun Indonesia, Fagetti secara serius akan mengembangkan potensi batu alam di pelosok-pelosok Indonesia. Manfaatnya, tak hanya bertujuan agar marmer lokal bisa bersaing dengan produk impor, namun lebih dari itu, sosial ekonomi masyarakat akan mengalami peningkatan, juga tidak menutup kemungkinan akan menyentuh ke level pengembangan pendidikan.

Sebelumnya, Fagetti mengelola tambang basalt atau batu vulkanik di Bojonegoro dan bekerjasama dengan perusahaan tambang di Makassar. Kini, Fagetti bersiap melakukan ekspansi industri ke wilayah Aceh.

Proyek bisnis pertambangan ini pun akan melibatkan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dengan modal yang relatif kecil. Keseriusan itu dibuktikan pada Senin, 27 Januari 2019 dengan adanya kunjungan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah MT. ke pabrik Fagetti di Bekasi untuk melakukan kerja sama pembangunan pabrik dan pengelolaan batu alam di Aceh.

Kunjungan kerja Plt Gubernur beserta para pejabat Pemprov Aceh ke pabrik Fagetti tersebut disambut baik oleh Presiden Direktur Fagetti Ferdinand Gumanti. Kesiapannya bekerja sama dengan pemprov Aceh tak hanya untuk mengelola sumber daya alam (SDA) batu alam saja, namun juga akan dibarengi dengan transfer knowledge pada Sumber Daya Manusia (SDM) di sana.

“Fagetti juga siap melakukan transfer of knowledge kepada putra-putri daerah Aceh,” kata Gumanti.

Maka tak hanya membuat lingkungan kondusif bagi akitivitas investasi, perdagangan dan laju pertumbuhan ekonomi  saja, Fagetti pun ikut membangun di sektor pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusianya. Karena kedepannya, suplai tenaga kerja untuk kawasan industri ini tentu sangat bergantung pada output lembaga pendidikan. Bisa jadi Pemerintah nantinya akan mulai memikirkan kebutuhan tenaga industri dengan mengintegrasikan kurikulum pendidikan yang relevan. Dan tak hanya Aceh, semoga kedepannya Fagetti mampu mengembangkan potensi batu alam di daerah-daerah lain di Indonesia.

Pemerintah Provinsi Aceh Saat Berkunjung Ke Pabrik Fagetti di Cibitung Bekasi. Sumber: Fagetti

BENAR KATA BAPAK

Benar kata Bapak, hunian maupun bangunan yang berkarakter memang penting adanya. Karakter yang kuat membuat nilai arsitektural dalam bangunan apapun mampu menembus lintasan zaman.

Sebuah bangunan pada dasarnya  merupakan karya seni. Maka sudah pasti, setiap detail ornamennya mengantarkan pesan-pesan yang ingin disampaikan. Masjid Suciati Saliman misalnya. Karakternya islami, sebisa mungkin setiap komponen arsitekturnya menyampaikan pesan-pesan tauhid.

Contoh lain adalah Menara Kompas. Dibangun sebagai simbol integrasi media masa depan, bentuknya dibuat meruncing seperti mata pena, dan fasadnya berkontur seperti kode komputer.

Dibalik kedua bangunan berkarakter tersebut ada peran Fagetti dan batu alamnya yang memperkuat rancangan pesan-pesan tersirat. Ada jasa tim yang dengan cermat memotong setiap balok batu, mengantar, hingga memasangnya dengan penuh ketelitian. Sehingga terciptalah sebuah mahakarya bernilai estetik tinggi yang pada akhirnya memiliki kekuatan untuk menyampaikan “pesan” itu.

Terimakasih Fagetti, atas dedikasimu menghiasi Indonesia dengan berbagai komponen arsitektural indah berkarakter.

Fagetti Building – Gallery

Jl. Mangga Dua Raya – Harco Mangga Dua,

Blok F No. 2-4, Jakarta 10730

Open Daily 9 a.m. to 6 p.m. Closed on Public Holiday.

Tel: (021) 6121132  |  Email: info@fagetti.com

 

Sumber:

https://www.fagetti.com/

Marble: Art Historical and Sciencetific Perpectives on Ancient Sculpture on http://books.google.co.id/

https://properti.kompas.com/read/2018/04/26/133000021/menara-kompas-simbol-integrasi-media-masa-depan?page=all

Setiap foto dicantumkan sumbernya.

Grafis dibuat oleh penulis.