Terapi Hydrogin Atom Sebagai Upaya Melawan Demensia

Namanya I’ah, nenek buyut tercinta yang sudah meninggal sejak 18 tahun yang lalu. Uyut adalah tipikal nenek yang galak, jika sudah marah pasti membentak dan teriak-teriak. Tapi ia pun sungguh sangat penyayang, seorang wanita bijak dan pandai memasak, apalagi untuk urusan membuat kue mangkok, dia jagonya.

Beruntung, Saya diizinkan Tuhan untuk bisa mengenalnya walaupun hanya dimasa kecil. Saat itu usianya sekitar 70an, entah berapa tahun tepatnya karena Uyut sendiri pun lupa tahun berapa ia lahir. 

 

Terapi Hydrogin Atom Sebagai Upaya Melawan Demensia

Uyut Tercinta, Penderita Demensia (Dok. Pribadi)

 

Uyut tinggal tepat di  belakang rumah, hampir setiap pulang sekolah saya pasti datang berkunjung untuk sekedar main masak-masakan, ataupun bercerita tentang apa yang terjadi di sekolah. Bercerita secara berulang kali, menceritakan hal yang sama, dan menjawab pertanyaan yang sama dengan antusias. Namun begitu, saya tak marah kepadanya ketika ia lupa apa yang baru saja saya ceritakan, karena saya sangat menyayanginya, meski ingatannya sependek namanya. Ya, beliau adalah penderita demensia atau kepikunan lanjut. Suatu kondisi dimana kemampuan otak mengalami kemunduran. Kondisi  dimana keadaan seseorang sering lupa akan sesuatu, keliru, adanya perubahan kepribadian, dan emosi yang naik-turun atau labil. 

Uyut memang selalu marah-marah mencari sisir rambut yang katanya sering hilang. Padahal bukan hilang, tapi tersangkut di rambutnya sendiri. Ia pun sering lupa nama saya, kadang benar memanggil indah, kadang Eli (nama ibu), juga kadang Uju (nama nenek). Yang terparah adalah, ia pernah pamit untuk datang ke acara kampanye pemilu suatu partai di alun-alun Kota Subang. Karena jaraknya dekat, maka kami pun mengijinkan. Berangkat sejak dini hari menggunakan kaos dan atribut partai, Uyut pergi dan tak ada kabar hingga sore hari. Kami pun menyusul ke acara partai tersebut yang ternyata sudah berakhir sejak siang hari. Kami sekeluarga panik, namun tetap menyusuri setiap jengkal jalan raya mencari Uyut yang entah pergi kemana. 

Saya menangis saat itu, khawatir ia belum makan, atau mungkin terjatuh di jalanan karena tubuhnya yang sudah sangat renta. Menjelang malam kami pulang dengan tangan kosong, tanpa Uyut dan tanpa setitik pun informasi kemana ia pergi. Hingga saat adzan Isya berkumandang, kami mendengar ada suara motor berhenti di halaman rumah. Semua keluar, berharap penumpang motor itu adalah Uyut. Benar saja, seorang laki-laki baik hati mengantarkan Uyut yang tak sengaja dilihatnya berjalan terseok-seok di pinggir jalan sekitar daerah perbatasan Indramayu. Uyut yang tujuan awalnya hanya ingin ke alun-alun kota, malah terus berjalan kaki dari Subang ke Bantar waru, daerah perbatasan Indramayu yang jaraknya puluhan kilometer dari rumah. Sedih, mungkin di tengah perjalanan ia lupa arah dan tujuannya, mau pulang juga tak ingat kemana arahnya, ia hanya tahu rumahnya di Pasirkareumbi, kelurahan yang cukup luas. Beruntung bapak yang mengantarkannya mau mencari tahu, bertanya sana-sini sampai akhirnya Uyut selamat sampai di rumah. 

 

Mengenal Demensia

Terapi Hydrogin Atom Sebagai Upaya Melawan Demensia

Dibuat Oleh Penulis

 

Demensia adalah istilah payung untuk menggambarkan kumpulan gejala penurunan fungsi kognitif atau fungsi otak seperti kehilangan memori, kesulitan dalam berpikir, mengkontrol emosi dan pemecahan masalah bahkan bahasa. Demensia vaskuler, parkinson, alzheimer’s, lewy bodies dan fronto temporal adalah beberapa jenis demensia progresif. Karena sedemikian parahnya, demensia dapat mengganggu kehidupan seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari, menghancurkan sel-sel otak dan perlahan tapi pasti menghilangkan identitas seseorang.

Setiap orang berisiko mengalami demensia. Semakin tua usia, semakin rentan untuk terkena penyakit ini.

Namun perlu diketahui juga bahwa demensia tak hanya terjadi pada orang tua saja. Faktanya penyakit ini bisa menyerang ketika seseorang berumur 30 sampai 50an. Ketika seseorang didiagnosis demensia sebelum ia berusia 65 tahun, ini disebut Young Onset Dementia (YOD). Biasanya orang yang mengalami YOD ini memiliki faktor risiko genetik yang kuat (harus dibuktikan melalui cek genetik terlebih dahulu). 

Menurut Alzi Indonesia, setiap 3 detiknya seseorang di dunia mengalami demensia. Di Tahun 2018 saja ODD (Orang Dengan Demensia) jumlahnya mencapai 50 juta jiwa dan diperkirakan akan meningkat hingga 152 juta jiwa di tahun 2050. Itu artinya akan banyak orang-orang pikun seperti Uyut yang harus diselamatkan. 

Di Indonesia sendiri, diperkirakan ada sekitar 1.2 juta orang dengan demensia pada tahun 2016, yang akan meningkat menjadi 2 juta di tahun 2030 dan 4 juta orang pada tahun 2050. Tentu kita tidak ingin diri kita atau orang-orang yang kita cintai termasuk dalam angka tersebut. Maka sebelum terlambat, ada baiknya kita mengenali 10 gejala umum demensia, penyakit yang menyebabkan kematian no 7 di dunia, sebagai berikut:

1. Sering lupa akan kejadian yang baru saja terjadi.

2. Kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari. Lupa cara memasak, cara mengoperasikan handphone, bahkan lupa cara melakukan perhitungan sederhana.

3. Sulit melakukan perencanaan.

4. Lupa hari-hari penting, bingung sedang ada di mana, sampai lupa jalan pulang ke rumah.

5. Sulit membaca, mengukur jarak, membedakan warna, tidak mengenali wajah sendiri di cermin, tak mampu membedakan antara sendok dan garpu, sering tak tepat saat menuangkan sesuatu.

6. Kesulitan mencari kata yang tepat saat berbicara.

7. Sering lupa dimana meletakkan barang.

8. Berpakaian tidak serasi, memakai kaus kaki atau sandal yang berbeda antara kanan dan kiri, tidak dapat memahami jumlah uang yang perlu dibayar saat bertransaksi.

9. Tidak memiliki semangat untuk bersosialisasi.

10. Emosi sangat labiL, depresi, takut, mudah kecewa, ketergantungan terhadap kehadiran seseorang, mudah marah dan putus asa. 

Jika ada minimal lima poin gejala sering kita atau orang-orang terdekat kita alami, maka segeralah untuk diperiksakan ke rumah sakit.

 

Melawan Demensia Sejak Dini dengan Air Hidrogen

Ada banyak upaya yang bisa kita lakukan sejak dini untuk mencegah demensia, diantaranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, juga upaya-upaya lain yang dapat membantu menekan risiko penyakit ini, berikut diantaranya:

Terapi Hydrogin Atom Sebagai Upaya Melawan Demensi

Dibuat Oleh Penulis

 

1. Bergerak dan Berolahraga Secara Produktif 

Melakukan aktivitas fisik dan olahraga adalah cara pencegahan yang paling efektif karena membantu mengontrol tekanan darah dan berat badan, serta mengurangi risiko diabetes, juga berbagai jenis penyakit lainnya. Bahkan hasil dari penelitian dokter Ria Maria Theresa di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sekitar tahun 2014, membuktikan bahwa senam poco-poco bisa mencegah demensia.

 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ yang paling vital dalam tubuh kita. Merokok dan minum minuman beralkohol adalah kebiasaan buruk yang menyebabkan risiko terkena stroke/ serangan jantung meningkat. Pada akhirnya, penyakit-penyakit tersebut dapat berkontribusi mengembangkan demensia di kemudian hari. Menjaga kesehatan jantung dengan menghindari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol adalah cara tepat untuk mengurangi risiko demensia.

 

3. Mengkonsumsi Sayur, Buah dan Gizi Seimbang

Makanan adalah bahan bakar untuk otak dan tubuh. Kita dapat membantu keduanya berfungsi dengan baik dengan makan makanan yang sehat dan seimbang. Riset yang dilakukan oleh Kardiolog Dr. Aseem Malhotra dari Inggris menunjukkan bahwa diet tipe Mediterania, kaya sereal, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko demensia. 

 

4. Menstimulasi Otak, Fisik, Mental dan Spiritual

Kegiatan santai yang berhubungan dengan intelektual seperti membaca, bermain catur, belajar bahasa baru ataupun melakukan kegiatan spiritual dapat membantu membangun neuron otak baru dan memperkuat koneksi di antara mereka. Ini dapat melawan efek berbahaya penyakit Alzheimer dan patologi demensia lainnya. 

 

5. Bersosialisasi dan Beraktivitas Positif 

Para peneliti di Mayo Clinic di Minnesota menemukan fakta bahwa orang-orang yang berpartisipasi dalam kegiatan seni serta bersosialisasi di usia pertengahan hingga lanjut, memiliki risiko kecil kehilangan memori yang sering menyebabkan demensia sampai 73%. Jadi, Yuk bersosialisasi dan mencintai seni!

 

6. Melakukan Terapi Air Hidrogen dengan Hydrogin Atom

We are what we drink.

Kata-kata tersebut mencerminkan bahwa kita adalah apa yang kita minum, terutama hal-hal yang menyangkut pada kesehatan tubuh. Jika airnya baik, maka sehatlah tubuh kita, namun jika airnya mengandung alkohol, soda atau tinggi gula, maka bersiaplah diserang berbagai penyakit.

Air adalah sumber utama kehidupan manusia. Bahkan 50-70% tubuh manusia terdiri dari air, termasuk kulit, jaringan tubuh, sel-sel, seluruh organ, bahkan darah yang mengalir di tubuh kita. Maka tak ada manusia yang sanggup bertahan hidup dalam waktu yang lama tanpa air. 

Namun tahukah kamu bahwa di dunia ini terdapat air yang memiliki manfaat besar selain air mineral biasa? Ialah air hidrogen, air yang memiliki kandungan hidrogen yang tinggi. Dimana hidrogen sendiri adalah unsur paling sederhana, ringan dan kecil di alam semesta, sehingga dapat menembus zat-zat padat, termasuk mampu menembus dinding sel manusia, sehingga berkesempatan lebih besar untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat serangan radikal bebas.

Menurut Molecular Hydrogen Foundation, kandungan pada hidrogen aktif akan menghasilkan air sehat yang dapat digunakan untuk terapi kesehatan. Melalui percobaan inhalasi dengan konsentrasi tinggi sebesar 2% selama 85 menit dan kemudian 35 menit, hidrogen aktif dapat mengurangi inflamasi otak pada bagian stratum dan kortex dari otak. Sehingga Hidrogen Aktif konsentrasi tinggi dapat mengurangi oksigen aktif pada radikal bebas sel-sel yang bersifat keganasan. 

Air hidrogen pun mampu mencegah perkembangan degenerasi saraf, dan mengurangi kerusakan neurotoksik. Artinya, dengan mengkonsumsi air hidrogen aktif, risiko stres oksidatif dan kerusakan kognitif pada penderita demensia (seperti alzheimer dan parkinson) bisa ditekan sejak dini.

 

Terapi Hydrogin Atom Sebagai Upaya Melawan Demensia

Sumber: gininternational.com

 

Tak Hanya Demensia, Manfaat Air Hidrogen pun Mampu Melawan 200 Macam Penyakit

Terapi Hydrogin Atom Sebagai Upaya Melawan Demensia

Sumber: gininternational.com

 

Dalam artikel berjudul “Hydrogen Acts as a Therapeutic Antioxidant by Selectively Reducing Cytotoxic Oxygen Radicals” yang diterbitkan pada 7 Mei 2007 oleh Ikuroh Ohsawa, Masahiro Ishikawa, Kumiko Takahashi, Megumi Watanabe, Kiyomi Nishimaki, Kumi Yamagata, Ken-Ichiro Katsura, Yasuo Katayama, Sadamitsu Asoh & Shigeo Ohta dalam Nature Medicine volume 13, halaman 688-694 (2007) dijelaskan bahwa hidrogen dapat mencegah kerusakan radikal pada sel membran dan secara efektif mampu melindungi sel. 

Dengan demikian hidrogen dapat digunakan sebagai terapi antioksidan yang efektif untuk berbagai macam penyakit karena kemampuannya untuk berdifusi melintasi membran sangat cepat. Hidrogen dapat mencapai dan bereaksi dengan ROS (reactive oxygen species) atau molekul reaktif yg mengandung oksigen. Itu artinya, terapi air hidrogen mampu melindungi terhadap kerusakan oksidatif yang menjadi sebab berbagai jenis penyakit.

Berikut manfaat  air hidrogen yang dikutip dalam website gininternational.com: 

1. Menekan dan membatalkan parkinson

2. Melindungi tulang rawan dari kematian sel

3. Menekan obesitas

4. Mencegah mutasi sel (anti kanker dan anti penuaan)

5. Menurunkan glukosa dalam darah

6. Membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh

7. Dapat menembus membran sel dalam tubuh

8. Meningkatkan energi tubuh dan melancarkan pencernaan

9. Mencegah dari penyakit kronis seperti kanker, alergi, asma, diabetes, epilepsi, dan penyakit jantung

10. Menetralkan racun dalam tubuh

11. Membantu menunda penuaan dini

12. Mencegah Osteoporosis

13. Mencegah atherosclerosis

14. Air hidrogen mampu melindungi janin

15. Membantu mencegah stroke

16. Meningkatkan daya ingat

 

Sekarang pertanyaannya, dimana kita bisa mendapatkan air hidrogen? Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Apa Itu Hydrogin Atom? 

Di dunia, ada tiga mata air yang mengandung hidrogen tinggi, yakni  Nordenau di Jerman, Tlacote di Meksiko, dan Lourdes di Perancis. Lalu, jika kita membutuhkan air hidrogen apakah kita harus mengunjungi 3 negara tersebut? Tentu saja tidak. Karena kini telah hadir alat berbentuk botol minum yang dapat mengubah air mineral biasa menjadi air yang kaya akan molekul hidrogen aktif. Proses kerjanya hanya memakan waktu 5 menit saja. Nama alat tersebut adalah Hydrogin Atom

 

 

Dengan Hydrogin Atom, kita pun tak perlu jauh-jauh mengunjungi negara yang memiliki kadar hidrogen tinggi di airnya, pun tak perlu terus-menerus membeli air hidrogen kemasan yang dijual di pasaran, yang jika dihitung secara ekonomi akan menghabiskan biaya lebih mahal. Jadi bisa dibilang, bahwa Hydrogin Atom adalah alat yang membuat kita hidup sehat dan lebih hemat.

Alat canggih ini dikeluarkan oleh PT GIN MAKMUR PERKASA ( GIN ), sebuah perusahaan yang berfokus dibidang kesehatan dan kesejahteraan. Perusahaan ini bahkan mendapat penghargaan The Most Reliable Multilevel Company of The Year 2018 , The Best Reputable Company With Quality Health Care Product of The Year 2018, juga sederet penghargaan lainnya.

Memiliki motto Kecepatan, Ketepatan, Keamanan, Kebersihan, dan Ketaatan dalam menciptakan sebuah produk, GIN International pun senantiasa berinovasi dengan departemen Research & Development agar dapat menciptakan produk dengan teknologi terdepan yang memenuhi kebutuhan pasar dan aman untuk dikonsumsi. Legalitas dan sertifikasi dari Sucofindo, maupun jaminan halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) pun sudah dikantongi. Maka tak dapat dipungkiri lagi, bahwa alat yang dibandrol dengan harga 3.550.000 Rupiah ini memang sudah saatnya menjadi pengganti stok obat-obatan di rumah.

Terapi Hydrogin Atom Sebagai Upaya Melawan Demensia

Sumber : Instagram G1nmore

 

Hydrogin Atom sendiri adalah alat ionisasi air portabel yang mampu mengubah air mineral menjadi air hidrogen aktif yang kaya akan antioksidan 176 kali lebih banyak dari vitamin c, serta dapat memenuhi kebutuhan cairan dan mineral di dalam tubuh. Jika daya tahan tubuh meningkat, maka tubuh akan terhindar dari penyakit akibat infeksi virus, bakteri, ataupun efek radikal bebas.

 

Terapi Hydrogin Atom Sebagai Upaya Melawan Demensi

Dibuat Oleh Penulis

 

Hydrogin Atom dirancang dengan fitur-fitur yang memudahkan pengguna agar tidak lagi mengalami kesulitan dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena dengan alat ini, kebutuhan air hidrogen pun terpenuhi dimanapun dan kapanpun. 

Teknologi PEM yang digunakan pada hydrogin atom menghasilkan air yang kaya hidrogen murni dan aman. Tidak mengandung unsur ozone, chlorine maupun oxides yang biasanya digunakan untuk disinfektan proses pengolahan air minum. Konsentrasi hidrogennya pun tinggi mencapai 1000 – 4000 ppb (1-1.4 ppm) dalam waktu singkat. Selain itu, air hidrogen aktif yang dihasilkan melalui elektrolisis Hydrogin Atom telah melalui tahap uji laboratorium dari Chemical Analysis and Microbiology Test. Jadi semakin yakin kan untuk mengkonsumsi air hidrogen?

Jika memerlukan informasi lebih lanjut mengenai Hydrogin Atom, maka ada baiknya media sosial di bawah ini diklik agar tidak tertinggal update terbaru seputar air hidrogen dan dunia kesehatan.

GIN International
Facebook: GinInternational
Follow Twitter: g1nmore
Follow Instagram: g1nmore
Subscribe Youtube : GIN TV

 

Jangan Maklum pada Pikun!

Bayangkan, setiap detiknya selapis demi selapis ingatan memudar. Masa lalu dan masa kini hampir sulit dibedakan. Kenyataan dan rekaan menjadi rancu. Akhirnya marah, menutup diri seperti pintu yang terkunci rapat dan tak tahu kapan lagi bisa terbuka. Malu sudah pasti, karena hanya tersisa sedikit saja bayangan-bayangan indah di tepian ingatan. Dia siapa? Aku dimana?

Lewat tulisan ini, saya berharap kita semua bisa belajar dari apa yang Uyut derita sampai akhir hayatnya. Dimasa tua, semoga kita terbebas dari belenggu demensia.

Siapapun tentu ingin merawat ingatan dan kenangannya bersama orang tercinta hingga tua. Oleh karena itu, menjaga ingatan dan mencegahnya hilang begitu saja adalah sesuatu yang harus diupayakan sejak dini. Berikhtiar mendalami ilmu tentang demensia, juga mengonsumsi air hidrogen aktif yang dihasilkan melalui proses elektrolisis Hydrogin Atom adalah salah satu bukti diri bersyukur kepada Tuhan bahwa kita bahagia mengemban amanat untuk menjaga tubuh ini agar tetap sehat.

Karena pikun bukan bagian dari proses penuaan normal, maka jangan maklum pada pikun ! 

 

 

Sumber:

https://www.gininternational.com/id/hydrogin-atom

https://www.liputan6.com/health/read/2656872/cegah-demensia-alzheimer-dengan-poco-poco-ceria

http://www.mizukagaku.com/Nature_070508.pdf

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/892224-menguak-manfaat-air-hidrogen-untuk-kesehatan

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2884691/kenali-manfaat-air-hidrogen-bagi-kesehatan

Posts published: 39

13 comments

  1. Ratna Juminar says:

    Aku juga punya nenek yang pikun, sering ampleng-amplengan di jalan, ga inget siapa aku, ga inget dia siapa…sedih. Thanks sharingnya ndah, kita bisa bersiap sekaligus melawan pikun dari sekarang ya ternyata.

    1. Hmm sama ya 🙁 emang sedih banget sih. Semoga tua nanti kita ga gitu ya. Harus jaga kesehatan dari sekarang.

  2. Darma Sanjaya says:

    Baru tau banget kalo pikun itu bukan hal normal. Gue mau idup sehat ah biar ga pikun…baru tau juga ada air hidrogen dan bisa dibikin sendiri. Nice sharing ndah !

    1. Iya, kalo mau mendalami soal demensia bisa cek webnya alzi indonesia. Nah kalo soal air hidrogen bisa cek webnya gininternational.com airnya memang ajaib banget, bisa lawan 200 penyakit.

  3. adhi nugroho says:

    Suka banget sama kalimat penutupnya: “Jangan maklum pada pikun.” Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan ya, Mba. Terima kasih artikelnya. Salam hangat.

    1. Iya itu kata2 kampanye organisasi peduli demensia mas :)) amiin semoga kita semua sehat terus ya 🙂

  4. Celia Adnan says:

    Ini bisa banget buat referensi emak gue ndah. Kasian minum obat mulu, asam uratnya kaga sembuh2. Nabung nabuuuung

    1. Samaaa, mamaku jg asam urat, tiap makan sayur ijo langsung kambuh 🙁 semoga ada rezeki secepatnya beli hydrogin atom buat kado ke mama..hehe

  5. GIZ says:

    Eh aku baru tau loh ada alatnya. Selama ini ya beli aer hidrogen kemasan gitu, boros banget emang, mihiil jadinya ya.. thanks ih jadi tau

    1. Iya buuk, langsung aja cek socmed nya utk info lebih lanjut…

  6. Irma kushermawati says:

    Bunaaa, itu uyut iah? Masha Allah kangen. Dulu anjang2an di rumah uyut

  7. Ipul says:

    Gue heran, ini bumil beranak satu yg lg lincah2nya kapan bisa bikin tulisan sama grafisnya ya. Tulisan lo selalu memberikan ilmu baru buat gue, soal demensia, soal air hidrogen. wish u luck ya.

    1. Hahaha malem pas Una bobo nulis sama bikin grafisnya 😁 alhamdulillah kalo bermanfaat ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

About Me
Saya R. Indah Riadiani Hapsarie. Seorang ibu dan long life learner dengan hobi fotografi, videografi, dan literasi. Berpengalaman sebagai penyiar radio dan Junior Expert Public Relation untuk KP3EI Kementerian Koordinator Perekonomian Indonesia. For any inquiries please contact indahriadiani@gmail.com
Juara 1 KPPPA Vlog Competition Bersama TVOne
Juara 2 Video Contest Bersama BioStrath
Juara 1 Lomba Blog Nasional Batik Lebih Baik
Juara 3 Gin International Blog Competition
Juara 2 BPOM Blog Competition
Juara 2 Hatta Rajasa Writing Competition
Badan Pemeriksa Keuangan
Calendar
October 2018
M T W T F S S
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Bukopin Siaga
Part of
Copyrights © 2017 R. Indah Riadiani Hapsarie. All Rights Reserved.